ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs PADA MATERI LINGKARAN

neng hanipah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IX pada materi Lingkaran. Metode yang digunakan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa MTs kelas IX di Bandung sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes tulis Kemampuan Berpikir Kreatif yang berbentuk essay. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa indikator kemampuan Berpikir luwes (Flexibility) yaitu mampu memberikan gagasan, pertanyaan atau jawaban yang bervariasi dengan persentase sebesar 81,%; indikator kemampuan Berpikir orisinal (Originality) yaitu mampu memberikan ungkapan baru dan ide yang unik dengan persentase sebesar 70,%; Indikator kemampuan Berpikir Lancar (Fluency) yaitu mampu menghasilkan ide, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan yang lancar sebesar 55%; indikator kemampuan Berpikir orisinal (Originality) yaitu mampu memberikan ungkapan baru dan ide yang unik sebesar 61% dan indikator kemampuan Berpikir elaborasi (Elaboration) yaitu mampu merinci dan mengembangkan suatu objek sebesar 26%.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: