PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 5 METRO

Wari Prastiti(1*),

(1) SMA N 5 Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar  dan hasil belajar fisika yang masih relatif kurang di kelas XI IPA1 .Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Metro dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan  dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dipersentasikan dan dikategorikan dengan kriteria, sangat aktif, aktif, cukup aktif dan kurang.

Hasil penelitian adalah: (1) Terjadi peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III dengan nilai rata – rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 70,3 % tergolong cukup aktif, nilai rata-rata aktivitas pada siklus II adalah 74,4 % tergolong cukup aktif, dan nilai rata – rata aktivitas siswa pada siklus III adalah 84,0 % tergolong aktif, (2)  Terjadi penurunan rata – rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa sebesar 78 pada siklus II menjadi 52 pada siklus III, (3) Terjadi peningkatan rata – rata  hasil belajar siswa dari nilai 52 siklus II menjadi 88 siklus III. Dengan demikian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Melalui Metode Eksperimen berhasil untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, STAD, Aktivitas Belajar , Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Eka Febriana, Ratna. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Pada Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/10615/1/JURNAL.pdf. 02.05.2016. 21.30.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Surahmadi, Bambang. 2016. “Penerapan Teknik Bermain Kartu Pintar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) UM Metro Vol 4 No. 1, Hal. 17-25.

Septiana, Eva. 2007. Penerapan Metode Eksperimen Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division ( STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (PTK di SMA Negeri 3 Metro. Skripsi. Unila. Bandar Lampung.

Hiliani, Sipti. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Kelas IVA SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.http://repository.unib.ac.id/8967/1/I,II,III,I-14-sip-FK.pdf. 25.05.2016.8.30

Morgan, N., & Saxton, J. (2006). Asking Better Questions (2nd ed.). Canada: Pembroke Publishers Limited.

Win Arumningtyas. 2012. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI AL-HIKMAH Melis Gandusari Trenggalek”.http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1011




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter