Analisis Nilai-nilai Karakter Abdul Haris Nasution Sebagai Sumber Belajar Sejarah

Irma Yanti Sinaga(1*), Apdelmi Apdelmi(2), Kuswanto Kuswanto(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Pendidikan Sejarah, Universitas Jambi
(3) Pendidikan Sejarah, Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai karakter Abdul Haris Nasution sebagai sumber belajar sejarah di SMA dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai karakter yang terdapat pada Abdul Haris Nasution; 2) Menjadikan nilai karakter Abdul Haris Nasution sebagai sumber belajar sejarah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik analisis data berupa analisis induksi melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Terdapat nilai-nilai karakter pada Abdul Haris Nasution diantaranya: cinta tanah air, semangat kebangsaan dan tanggungjawab. Nilai karakter tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah melalui integrasi dengan kurikulum 2013. 2) Nilai karakter Abdul Haris Nasution dapat diterapkan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melalui materi tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.


Keywords


nilai karakter; abdul haris nasution; sumber belajar sejarah;



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v10i1.4567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

phone (+6285200847481) (historiaummetro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

 

 

Historia Stats

Free counters!