• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116
  • Emailfkipummetro@gmail.com
  • Contact(0725) 42445-42

Dosen Pendidikan Matematika UM Metro Menjadi Pemateri Upgrading Day di SMP Cahaya Bangsa Metro, Ajak Guru Terapkan Numerasi di Kelas

Metro – Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, Bapak Satrio Wicaksono, M.Pd., menjadi pemateri pada kegiatan Upgrading Day yang diselenggarakan SMP Cahaya Bangsa Metro pada Sabtu, 13 September 2025.

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kompetensi numerasi guru agar mampu mengintegrasikan keterampilan berhitung dan pemecahan masalah ke dalam pembelajaran sehari-hari. Materi yang disampaikan mencakup konsep numerasi, strategi kreatif, dan pendekatan kontekstual agar numerasi dapat diterapkan lintas mata pelajaran, bukan hanya pada matematika.

Dalam sesi pemaparan, Bapak Satrio juga memberikan motivasi kepada para guru untuk lebih percaya diri membelajarkan numerasi di kelas. Ia menekankan bahwa keterampilan numerasi merupakan bekal penting bagi siswa untuk menghadapi tantangan abad 21.

“Guru harus mampu mengaitkan konsep numerasi dengan kehidupan nyata, sehingga siswa dapat berpikir kritis, logis, dan terampil dalam memecahkan masalah,” ujarnya.

Kepala SMP Cahaya Bangsa Metro turut menyampaikan apresiasi kepada narasumber. “Kami berharap kegiatan ini menjadi langkah awal untuk memperkuat budaya numerasi di sekolah, sehingga kualitas pembelajaran semakin meningkat,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Waka Kurikulum SMP Cahaya Bangsa, Ibu Evi Chandra Monica, S.Pd. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam memperluas wawasan dan memperkaya metode pembelajaran numerasi.

“Materi yang disampaikan Bapak Satrio sangat relevan dengan kebutuhan sekolah kami. Guru-guru jadi lebih termotivasi dan memiliki ide-ide baru untuk mengajarkan numerasi dengan cara yang kreatif dan menyenangkan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, SMP Cahaya Bangsa Metro berharap guru-guru semakin siap mengimplementasikan numerasi di kelas, menjadikan pembelajaran lebih bermakna, dan memotivasi siswa untuk menguasai keterampilan berpikir logis.