• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116
  • Emailfkipummetro@gmail.com
  • Contact(0725) 42445-42

Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro

UM Metro – Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (SNPE) yang diselenggatakan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro dengan tema “Inovasi Edupreneurship Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar” merupakan upaya untuk mengenalkan edupreneurship dalam kurikulum merdeka kepada para pendidik dan masyarakat, serta meningkatkan kemampuan inovasi para pendidik dalam pembelajaran kewirausahaan melalui pengembangan dan penelitian, serta mampu membawa perubahan dalam perkembangan pendidikan.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu 1) Menilik tantangan dalam kurikulum merdeka belajar, 2) Sosialisasi eduprenership bagi pendidik, 3) Implementasi edupreneurship dalam kurikulum merdeka belajar, 4) Meningkatkan kemampuan dan kemauan berwirausaha.

Dalam acara pembukaan Ibu Tiara Anggia Dewi, M.Pd. menyampaikan, ” Tujian SNPE ini taitu untuk menguatkan lagi edupreneurship. Dimana peran pendidik sangat besar untuk membawa anak didik menanamkan nilai-nilai dan karakter kewirausahaan. Tentu hal ini sebagai upaya kita untuk mensuksesnya dalam bidang pendidikan.”

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor IV UM Metro yaitu Bapak Dr. M. Ikhsan Dacholfany, M.Ed., dalam sambuatannya Bapak Ikhsan menyampaikan,”Ada filosofi mengatakan yaitu cara lebih baik dari pada bahan materinya, dalam hal ini ada kegiatan Seminar Nasional bagaimana menginovasi pendidikan kewirasushan. Jadi dalam kewirausahaan ini kita harus tahu ilmunya dulu setelah itu baru melakukannya.”

Dalam seminar nasional ini menghadirkan 3 narasumber yaitu 1) Prof. Dr. Rusdarti, M. Si. (UNNES) dengan materi:” Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar”, 2) Dr. Handy Aribowo, S.T., M.M. (STIE IBMT Surabaya) dengan materi: “Inovasi Edupreneurship dalam Pembelajaran”, dan 3) Solihin, M. Pd.i. (SLB Metro) dengan materi: “Implementasi Edupreneurship di Sekolah”. Peserta seminar nasional berjumlah ratusan peserta ada yg mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting dan mengikuti secara luring terbatas di Aula HI kampus 1 UM Metro.