• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116
  • Emailfkipummetro@gmail.com
  • Contact(0725) 42445-42

IMM (IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH)

IMM FKIP UM METRO

IMM FKIP

 

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

adalah sebuah Organisasi Gerakan Mahasiswa Islam, sekaligus Organisasi Otonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemasyarakatan. IMM berdiri secara lokal di Yogyakarta, tanggal 14 Maret 1964 M / 29

Syawal 1384 H dan Menasional Tahun 1965. Tujuan IMM adalah "mengusahakan terbentuknya Akademisi Islam yang Berakhlak Mulia dalam rangka mencapai Tujuan Muhammadiyah".

 

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IMM FKIP)

adalah Organisasi Gerakan Mahasiswa Islam yang ada di FKIP, sekaligus Organisasi Otonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang keagamaan dan keguruan, serta sebagai wadah Mahasiswa FKIP diantaranya ; BK, Pend. B.Inggris, Pend. Matematika, Pend. Ekonomi, Pend. Fisika, Pend. Biologi. Pend. Sejarah. IMM FKIP terhadap terdapat

9 Bidang, Meliputi ;

- Bidang Organisasi

- Bidang Kader

- Bidang Riset Pengembangan Keilmuan

- Bidang Immawati

- Bidang Dakwah

- Bidang Sumber Pemberdayaan Masyarakat

- Bidang Seni Budaya dan Olahraga

- Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan

- Bidang Media Informasi

 

Tri Kompetensi Dasar IMM

Religiusitas, Intelektualitas, Humanitas

 

Trilogi IMM

Keagamaan, Kemahasiswaan, Kemasyarakatan

 

Jargon IMM FKIP

IMM FKIP, bersama kita Progresif

 

6 Penegasan IMM

1.  Menegaskan bahwa IMM adalah gerakan mahasiswa Islam,

2. Menegaskan bahwa kepribadian Muhammadiyah adalah landasan perjuangan IMM,

3. Menegaskan bahwa fungsi IMM adalah sebagai eksponen mahasiswa dalam

Muhammadiyah.

4. Menegaskan bahwa fungsi IMM adalah organisasi mahasiswa yang sah dengan mengindahkan segala hukum, undang- undang, peraturan, serta dasar dan falsafah Negara,

5. Menegaskan bahwa ilmu adalah amaliah dan amal adalah ilmiah dan,

6. Menegaskan bahwa amal IMM adalah lillahi ta’ala dan senantiasa diabdikan untuk kepentingan rakyat.      

 

Identitas IMM

1. katan Mahasiswa Muhammadiyah adalah organisasi kader yang bergerak di bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan kemahasiswaan dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

2. Sesuai dengan gerakan Muhammadiyah, maka Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah memantapkan gerakan dakwah di tengah-tengah masyarakat khususnya di kalangan mahasiswa.

3. Setiap anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah harus mampu memadukan kemampuan ilmiah dan akidahnya.

4. Oleh karena itu setiap anggota harus tertib dalam ibadah, tekun dalam studi dan mengamalkan ilmunya untuk menyatalaksanakan ketakwaan dan pengabdiannya kepada Allah SWT.

 

Profil Kader Ikatan

1. Memiliki keyakinan dan sikap keagamaan yang tinggi agar keberadaan Ikatan di masa yang akan datang mampu memberi warna masyarakat yang mulai meninggakan nilai-nilai agamawi.

2. Memiliki wawasan dan kecakapan memimpin, karena keberadaan kader ikatan bagaimanapun merupakan potensi kepemimpinan umat dan kepemimpinan bangsa.

3. Memiliki kecendikiawanan, mengingat spesialisasi dan profesionalisasi mempersempit cakrawala berpikir dalam sub bidang kehidupan yang sempit.

4. Memiliki wawasan dan ketrampilan berkomunikasi, mengingat bahwa masa yang akan datang industri informasi akan mendominasi sistem budaya kita. Hal ini juga inhern dengan watak Islam yang dalam keadaan apapun juga selalu siap Amar Ma’ruf Nahi Munkar sebagai esensi dari komunikasi Islamisasi.

 

Nilai Dasar Ikatan

Nilai Dasar Ikatan, diputuskan dalam Muktamar VII IMM tahun 1992 di Purwokerto, Jawa Tengah. Berikut ini adalah isi dari Nilai Dasar Ikatan ;

1. IMM adalah gerakan mahasiswa yang bergerak tiga bidang keagamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan.

2. Segala bentuk gerakan IMM tetap berlandaskan pada agama Islam yang hanif dan berkarakter rahmat bagi sekalian alam.

3. Segala bentuk ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan kemungkaran adalah lawan besar gerakan IMM perlawanan terhadapnya adalah kewajiban setiap kader IMM.

4. Sebagai gerakan mahasiswa yang berdasarkan Islam dan berangkat individu individu mukmin, maka kesadaran melakukan syariat Islam adalah suatu kewajiban dan sekaligus mempunyai tanggungjawab untuk mendakwahkan kebenaran di tengah masyarakat.

5. Kader IMM merupakan inti masyarakat utama, yang selalu menyebarkan cita-cita kemerdekaan, kemulian dan kemaslahatan masyarakat sesuai dengan semangat pembebasan dan pencerahan yang dilakukan Nabiyullah Muhammad SAW.