Pendidikan Sejarah: Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah

Dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru, Prodi Pendidikan Sejarah UM Metro mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Ilmiah berbasis Best Practice pada Rabu, 19 November 2025 di Ruang Pertemuan SMA Muhammadiyah Pekalongan, Lampung Timur. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong para pendidik memiliki kemampuan literasi akademik yang lebih kuat, khususnya dalam penulisan artikel ilmiah yang relevan dengan praktik pembelajaran di kelas.
Acara workshop dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah UM Metro, Dr. Johan Setiawan, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa penulisan artikel ilmiah bukan hanya tuntutan administratif bagi guru, tetapi juga merupakan sarana refleksi dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan menuliskan praktik terbaik (best practice) yang dilakukan di kelas, guru dapat mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan sekaligus membagikan pengalaman tersebut kepada komunitas pendidik yang lebih luas.
Kegiatan workshop menghadirkan tiga pembicara dengan keahlian di bidang penulisan dan publikasi ilmiah. Sesi pertama disampaikan oleh Adi Wiranata, M.Pd., yang membawakan materi tentang Konsep Dasar Artikel Ilmiah. Dalam paparannya, beliau menguraikan secara mendalam mengenai struktur artikel ilmiah, karakteristik tulisan akademik yang baik, serta kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan penulis pemula. Adi Wiranata menekankan bahwa artikel ilmiah yang baik harus memuat landasan teori yang kuat, metodologi yang jelas, dan analisis yang logis.
Sesi kedua dilanjutkan oleh Umi Hartati, M.Pd., yang mengulas topik Publikasi Artikel Ilmiah untuk Guru. Materi ini menjadi sangat penting mengingat banyak guru yang sudah mampu menulis, namun masih mengalami kesulitan dalam menentukan jurnal yang tepat dan memahami alur publikasi. Umi Hartati memberikan panduan memilih jurnal bereputasi, tips menyesuaikan artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal.
Materi terakhir dipaparkan oleh Dr. Johan Setiawan, M.Pd., yang membahas Urgensi dan Mekanisme Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan betapa pentingnya guru terus mengembangkan diri melalui kegiatan menulis. Selain meningkatkan kompetensi akademik, publikasi ilmiah juga menjadi bukti nyata bahwa guru berperan sebagai peneliti pendidikan. Beliau menekankan mekanisme yang benar dalam menyiapkan artikel, mulai dari perencanaan penelitian, penulisan draft, proses editing, hingga tahapan pengiriman dan publikasi.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan guru-guru MGMP Guru Sejarah di Lampung Timur semakin terampil dalam menghasilkan artikel jurnal ilmiah yang berkualitas, sekaligus memiliki motivasi lebih kuat untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan melalui publikasi ilmiah. Workshop ini juga menjadi langkah awal menuju terbentuknya budaya menulis di lingkungan sekolah sebagai bagian dari pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.